Mengenal Jenis Cetak Mencetak


Halo #SobatMUGers, kebetulan nemu artikel tentang jenis2 percetakan dari www.PeralatanSablon.com, Buat #SobatMUGers yg  punya hobby desain dan untuk lebih Mengenal Jenis Cetak Mencetak , ada baiknya anda mengenal jenis mencetak desain. Dengan mengenal jenisnya, #SobatMUGers akan mudah memilih jalur mana untuk menuangkan gagasan desain sobat.

Percetakan secara umum dapat dibagi menjadi 4 jenis. Yaitu :

1. Cetak Offset
Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/ desain yg dibuat dengan software olah digital seperti coredraw, photoshop, freehand dan lain2nya lalu selanjutnya dibuatkan plat filmnya. Dengan plta film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.








2. Cetak Sablon
Cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal : kertas, plastik, kain, besi, aluminium, kaca, kayu dan media lainnya.

3. Cetak Digital
Cetak digital atau sering disebut dengan digital printing prosesnya dimulai dari desain lalu dicetak dengan menggunakan printer. Hasilnya sesuai dengan desain yang dibuat. Media printing bisa di kertas, kaos (Direct to Garmen) atau ke plastik yang biasanya digunakan untuk spanduk. Cetak digital sekarang sudah modern untuk kebutuhan cetak  yg super cepat kadang kita butuh mesin cetak yg handal antara lain mesin cetak digital

4. Cetak Air Brush
Cetak jenis ini menggunakan sprayer. Cat yang ada di tabung kemudian disemprotkan dengan bantuan tekanan udara. Cetak jenis ini seperti melukis dengan semprotan cat. Hasilnya seperti mural atau seni air brush di motor, mobil dan sebagainya.


Demikian pengenalan secara umum tentang percetakan Mengenal Jenis Cetak Mencetak, untuk point 1 s/d 3 kami bisa menerima jenis order tersebut untuk berbagai keperluan promosi seperti pembuatan kaos/t-shirt event, komunitas, dll, pembuatan flyer, booklet, faktur, map, buku, dll, pembuatan banner, spanduk digital, stiker, dll

Salam #SobatMUGers

Suka artikel ini ?

About Warung Digital

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan